DM-AKM-02
[Type
the company name]
2011
PANDUAN MONITORING dan EVALUASI
Bidang Pendidikan
Versi-2
PANDUAN MONITORING dan
EVALUASI
Bidang Pendidikan
Monitoring adalah proses verifikasi antara pelaksanaan dengan standar yang ditentukan yang dilakkan oleh internal dan dilakukan saat proses sedang berjalan. Monitoring ini dilakukan agar pelaksanaan suatu proses dapat dikendalikan sedini mungkin untuk memimalisir gap antara pelaksanaan dan standar yang ditentukan
Standar
yang dimaksud dipaparkan adalah sasaran mutu
yang terdapat pada Manual Mutu STMIK AKAKOM.
Evaluasi adalah proses versifikasi antara pelaksanaan dengan standar yang ditentukan yang dilaksanakan setelah akhir kegiatan dan dilakukan oleh fihak internal, dimana hasil evalausi ini untuk penetapan standar baru
Sasaran mutu yang tercantum dalam dokumen tersebut adalah bersifat institusi yang merupakan akumulasi untuk semua program studi.
Oleh karena
itu setiap prodi dapat mengembangkan standar pada saran mutunya sesuai dengan
kinerja prodinya. Hal ini dikarenakan
kinerja tiap prodi berbeda, sehingga hasil kajian standar di semua prodi
akan diakumulasikan menjadi sasaran mutu
institusi.
[1] Agar dapat diketahui sejauh mana suatu proses memiliki keteguhan dalam menerapkan standar yang telah ditentukan
[2] Agar proses dapat dikendalikan sehingga penyimpangan terhadap standar dapat diminimalisir sedini mungkin
[1] Untuk mengetahui sejauh mana suatu kegiatan atau proses memenuhi standar yang telah ditetapkan
[2] Untuk mengetahui kecenderungan (trend) suatu proses sehingga dapat dirumuskan upaya perbaikan (baik dari sisi standar ataupun prosesnya) yang tepat
Ditengah-tengah semeter yang sedang berjalan
Dilaksanakan di
akhir semester (setelah nilai ujian
keluar)
[1] Tim Penjaminan Mutu Prodi (TPMP), sebagai pelaksana
[2] PJM sebagai fasilitator
Monitoring dan Evaluasi ini dilakukan oleh tim yang ditunjuk khusus oleh Kaprodi yang disebut dengan Tim Penjaminan Mutu Prodi (TPMP) . Monitoring dan evaluasi dilakukan dalam forum khusus untuk itu dan dilakukan dengan mencermati dokumen pelaksanaan SPMI berupa rekam jejak pelaksanaan PBM.
Hasil pengamatan tersebut di cocokkan dengan standar yang telah ditentukan dan dijustifkasi
kesesuaiannya dengan standar tersebut, kemudian dituangkan dalam Borang Monitoring /Evaluasi .
Hasil borang dari
TPMP di rekap sehingga akan mebnjadi
dokumen kinerja prodi. Berdasarkan kinerja prodi akan di rekap oleh PJM untuk
kemudian dijadikan sebagai kinerja institusi. Kinerja institusi ini dijadikan
dasar untuk menenntukan standar tingkat
institusi.
Standar institusi ini digunakan oleh prodi untuk menentukan standar tingkat prodi, sehingga diharapkan standar prodi lebih tinggi dari institusi (atau minimal sama)
Keterangan
|
: Belum dimasukkan ada EVALUASI |
|
: Dilakukan proses MONITORING |
Kode |
Bagian |
Uraian |
Th ke- 0 |
Th ke- 1 |
… |
Th ke- 5 |
Keterangan |
Pen.jawab |
Acuan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
C |
OUTCOME |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
C.1 |
Masa Tunggu |
Rerata masa tunggu `mendapat pekerjaan pertama |
8 bln |
7.5 bln |
... |
6 bulan |
|
Puket 3 |
BAN-PT 2009 |
|
C.2 |
Gajil Awal |
Rerata gaji awal |
kondisional |
80% |
... |
Setara PNS |
|
Puket 3 |
Internal policy |
|
C.3 |
Relevansi |
Kesesuaian bidang kerja dengan kompetensi utama/khusus |
70% |
75% |
... |
90% |
|
Puket 3 |
Internal policy/BAN PT |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
O |
OUTPUT |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
O.1 |
Prestasi lulusan |
Rerata IPK lulusan |
2,9 |
2,95 |
... |
3,25 |
|
ADAK |
BAN-PT 2009 |
|
O.2 |
Masa Studi D3 |
Rerata masa studi Diploma 3 |
3,5 |
3,4 |
... |
3 tahun |
|
ADAK |
BAN-PT 2009 |
|
O.3 |
Masa Studi S1 |
Rerata masa studi Strata 1 |
4,5 |
4,4 |
... |
4 tahun |
|
ADAK |
BAN-PT 2009 |
|
O.4 |
TOEFL lulusan |