DM-AKM-02

 

 


[Type the company name] 

2011

 

PANDUAN MONITORING dan EVALUASI

 

Bidang Pendidikan

STMIK AKAKOM

    

 

 

Versi-2

PANDUAN MONITORING dan EVALUASI

Bidang Pendidikan

1      pendahuluan

Monitoring adalah proses verifikasi antara pelaksanaan dengan standar yang ditentukan yang dilakkan oleh internal  dan dilakukan saat proses sedang berjalan.  Monitoring ini dilakukan agar pelaksanaan suatu proses dapat dikendalikan sedini mungkin untuk memimalisir gap    antara pelaksanaan dan standar yang ditentukan

Standar yang dimaksud dipaparkan adalah sasaran mutu  yang terdapat pada Manual Mutu STMIK AKAKOM.

Evaluasi adalah proses versifikasi antara pelaksanaan dengan  standar yang ditentukan yang dilaksanakan setelah akhir kegiatan dan dilakukan oleh fihak internal,  dimana hasil  evalausi ini untuk penetapan standar baru

Sasaran mutu yang tercantum dalam dokumen tersebut adalah bersifat institusi yang merupakan akumulasi untuk semua program studi.

Oleh karena itu setiap prodi dapat mengembangkan standar pada saran mutunya sesuai dengan kinerja prodinya. Hal ini dikarenakan  kinerja tiap prodi berbeda, sehingga hasil kajian standar di semua prodi akan diakumulasikan menjadi  sasaran mutu institusi.

1.1     Monitoring

[1]  Agar dapat diketahui sejauh mana suatu proses memiliki keteguhan dalam menerapkan standar yang telah ditentukan

[2]  Agar proses dapat dikendalikan sehingga penyimpangan terhadap standar dapat diminimalisir sedini mungkin

1.2    evaluasi

[1]  Untuk mengetahui sejauh mana suatu kegiatan atau proses memenuhi standar yang telah ditetapkan

[2]  Untuk mengetahui kecenderungan (trend) suatu proses sehingga dapat dirumuskan upaya perbaikan (baik dari sisi standar ataupun prosesnya)  yang tepat

2      waktu pelaksanaan

2.1    Monitoring

Ditengah-tengah semeter yang sedang berjalan

2.2    evaluasi

Dilaksanakan di akhir  semester (setelah nilai ujian keluar)

 

3      pelaksana

[1]  Tim Penjaminan Mutu Prodi (TPMP), sebagai pelaksana

[2]  PJM sebagai fasilitator

 

4      metode

Monitoring dan Evaluasi ini dilakukan oleh tim yang ditunjuk khusus oleh Kaprodi yang disebut dengan Tim Penjaminan Mutu Prodi (TPMP) . Monitoring dan evaluasi dilakukan dalam forum khusus untuk itu dan dilakukan dengan mencermati dokumen pelaksanaan SPMI berupa rekam jejak pelaksanaan PBM.

Hasil pengamatan tersebut di cocokkan dengan standar yang telah ditentukan  dan dijustifkasi kesesuaiannya dengan standar tersebut,  kemudian dituangkan dalam Borang  Monitoring /Evaluasi .

Hasil borang dari TPMP  di rekap sehingga akan mebnjadi dokumen kinerja prodi. Berdasarkan kinerja prodi akan di rekap oleh PJM untuk kemudian dijadikan sebagai kinerja institusi. Kinerja institusi ini dijadikan dasar untuk menenntukan  standar tingkat institusi.

Standar institusi ini digunakan oleh prodi untuk menentukan standar tingkat prodi, sehingga diharapkan standar prodi lebih tinggi dari institusi (atau minimal sama)

 

5      rincian proses monitoring dan evaluasi

5.1    Sasaran mutu  INSTITUSI

Keterangan

 

: Belum dimasukkan ada EVALUASI

 

 

: Dilakukan proses MONITORING

 


 

Kode

Bagian

Uraian

Th ke-

0

Th ke-

1

…

Th ke-

5

Keterangan

Pen.jawab

Acuan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

C

 OUTCOME

 

 

 

 

 

 

 

 

 

C.1

Masa Tunggu

 

Rerata masa tunggu `mendapat pekerjaan pertama

8 bln

7.5  bln

...

6 bulan

 

Puket 3

BAN-PT 2009

 

C.2

Gajil Awal

Rerata gaji awal

kondisional

80%

...

Setara PNS

 

Puket 3

Internal policy

 

C.3

Relevansi

Kesesuaian bidang kerja dengan kompetensi utama/khusus

70%

75%

...

90%

 

Puket 3

Internal policy/BAN PT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

O

OUTPUT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

O.1

Prestasi lulusan

Rerata IPK lulusan

2,9

2,95

...

3,25

 

ADAK

BAN-PT 2009

 

O.2

Masa Studi D3

Rerata masa studi Diploma 3

3,5

3,4

...

3 tahun

 

ADAK

BAN-PT 2009

 

O.3

Masa Studi S1

Rerata masa studi Strata 1

4,5

4,4

...

4 tahun

 

ADAK

BAN-PT 2009

 

O.4

TOEFL lulusan

Prosesntase  Nilai TOEFL  >=450

                                               atau TOEIC   >=600

20%

30%

...

70%

 

Puket 1

Internal policy

 

O.5

Sertifikasi Dasar

Dasar : Operating System, Aplikasi perkantoran ,  keamanan SI dasar

24%

50%

...

100%

wajib bagi angkt 2009 dst

OS dan keamanan merupakan local wisdom

Puket 1

Internal policy

 

O.6

Sertifikasi Lanjut

Extended: Sesuai kompetensi prodi

24%

50%

...

100%

wajib bagi angkt 2009 dst

Puket 1

BAN-PT 2009

 

O.7

Mahasiswa Drop out

Prosentase mahasiswa yang DO

15%

13%

...

6%

Dihitung per angkatan selama 2n-1

Puket 1

BAN-PT 2009

 

O.8

Softskill

Prosentasi yang memperoleh poin D3 >= 60 poin atau S1>=80 poin

 Dengan komponen terdiri atas : organisasi, kerjasama, wawasan/skill, enterprenur (opsi)

 

 

 

 

Sedang dalam proses. Bisa dikasukkan ke Standar Akademik

 

Sebagai poin tambahan dan belum direlisasikan pada siklus I

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

P

PROSES

 

 

 

 

 

 

 

 

 

P.1

Jenjang Dosen

Prosentase dosen jenjang S3

2%

2%

...

10%

 

Puket 1

BAN-PT 2009

 

P.2

 

Prosentase Jenjang S2

73%

80%

...

100%

 

Puket 1

BAN-PT 2009

 

P.3

Jabatan akademik

Prosentase dosen dengan jabatan akademik Lektor Kepala

8%

15%

...

40%

 

Puket 1

BAN-PT 2009

 

P.4

 

Prosentase dosen dengan jabatan akademik Lektor

37%

50%

...

70%

 

Puket 1

internal policy

 

P.5

Penelitian dosen

Penelitian  dengan biaya Internasional perjumlah dosen per tahun

 

 

 

15%

 

Puket 1

BANPT

 

P.6

 

Penelitian  dengan biaya  Nasional perjumlah dosen per tahun

 

 

 

30%

 

 

BANPT

 

P.7

 

Penelitian  dengan biaya mandiri/institusi perjumlah dosen per tahun

 

 

 

67%

Dihitung prosentase per semua dosen

 

BANPT

 

P.8

Publikasi ilmiah

Publikasi level internasional perjumlah dosen per tahun

2%

 

 

50%

Dihitung prosentase per semua dosen

 

BANPT

 

P.9

 

Publikasi level  nasional perjumlah dosen per tahun

10%

 

 

100%

Dihitung prosentase per semua dosen

 

BANPT

 

P.10

 

Publikasi level institusi perjumlah dosen per tahun

38%

 

 

200%

Dihitung prosentase per semua dosen

 

BANPT

 

P.11

Rasio Dosen Tetap

Rasio dosen tetap : mahasiswa aktif

1:43

 

 

1:30

 

 

Kopertis V

 

P.12

Rasio dosen sesuai kompetensi

Prosentase dosen yang mendukung langsung Kompetensi utama

 

 

 

90%

 

Puket 1

BAN/Int polecy

 

P.13

Dosen tidak tetap

Prosentase dosen tidak tetap

20%

18%

...

10%

 

Puket 1

BAN-PT 2009

 

P.14

TOEFL Dosen

Prosentase TOEFL>= 500

5%

10%

...

30%

 

Puket 1

 

 

P.15

Sertifikasi

Prosentase dosen yang memiliki sertifikasi pendidik (serdos,akta IV,pekerti)

30%

40%

...

70%

 

Puket 1

 

 

P.16

 

Sertifikasi kompetensi/ profesi

25%

35%

...

70%

Sertitifikasi sesuai dengan kompetensi prodi (dliuar DAT)

Puket 1

 

 

P.17

Performa dosen dalam PBM

Prosentase dosen dengan IPAD >=3.00

65%

68%

...

80%

 

Puket 1

Internal policy

 

P.18

 Kesesuaian Materi pembelajaran

 Prosestase dosen mengajar sesuai dengan silabi/SAP

60% 

70% 

 

95% 

 

 

 

 

P.19

Kehadiran mengajar

Rerata dosen kehadiran mengajar penuh (sesuai standar kurikukum)

70%

74%

...

90%

 

Puket 1

BAN-PT 2009

 

P.20

Metode pembelajaran Solution- Based Learning

Kelas yang melaksanakan Solution- Based Learning 

 

 

 

50%

 

 

 

 

Sarana Prasarana

 

   P.21

Prasarana Kuliah

Prosentase sarana pembelajaran interaktif

20%

 

 

 

 

Puket 2

Internal policy

 

P.22

Sarana Kuliah

Prosentase matakuliah  yang menggunakan

e-learning system STMIK AKAKOM (eLSA)

20%

 

 

 

 

Puket 1

BAN-PT 2009 /internal policy

 

P.23

Prestasi Akademik mahasiswa aktif

Index Prestasi Komulatif Rerata

2,5

2,6

...

2,75

 

ADAK

Internal policy

 

P.24

Kehadiran mahasiswa di kelas

Prosentase kehadiran mahasiswa di kelas >=70% (10 kali atau lebih dengan maks 14 kali)

80%

83%

...

95%

saat ini yang belaku kehadiran minimal 70%    (min 10 kali)

ADAK

Internal policy

 

P.25

Layanan Akademik Bidang Pendidikan

Ketersediaan SOP

80%

100%

 

 

 

ADAK

Internal policy

 

 

 

Ketersediaan Instruksi kerja

10%

100%

 

 

 

ADAK

Internal policy

 

 

 

Ketersediaan Standar Mutu Layanan

5%

100%

 

 

 

ADAK

Internal policy

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

I

INPUT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

I.1

Seleksi calon mahasiswa

Prosentase calon yang diterima (dari peserta tes)

95%

90%

...

70%

 

Panitia PMB

Internal policy

 

I.2

 

Prosentase  mahasiswa yang ikut seleksi (dari keseluruhan peserta pendaftar)

68%

70%

...

90%

 

Panitia PMB

Internal policy

 

I.3

 

Prosentase mahasiswa diterima yang rergistrasi (dari peserta tes yang diterima)

72%

75%

...

90%

 

Panitia PMB

Internal policy

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.2     MANUAL monitoring dan  Evaluasi

INSTITUSI

PRODI : …………………………………………….

Catatan :

1.       Untuk latihan monitoring target Pokok :  Proses (tentativ karena sebagian Proses dicermati saat evalasi) , untuk output, outcome,input di evaluasi di akhir semester

2.       Based-line (BARU) ditentukan ulang sesuai  hasil latihan monitoring

5.2.1              MANUAL MONITORING

 

Monitoringàproses  : Kinerja dosen(tentative)

KODE

URAIAN

Based-line standar (lama)

Based-line Standard (BARU)

Prosedur

Keterangan

Dokumen yang di periksa

Kode Borang

P.18

 Prosetase dosen mengajar sesuai dengan silabi/SAP

60% 

 

1.       Mengumpulkan dokumen :Buku presensi dosen dan  mahasiswa semster yang sedang berjalan

2.       Mencocokkan silabi pertemuan 1 sd  7  dengan isian realisasi mengajar

3.       Menghitung kesesuaian materi (antara silabi dengan realisasi mengajar)

1.       Tingkat kesesuaian (0-100%) dihitung dengan cara : membandingkan akumulasi sub-materi pada  realisasi perkuliahan dengan sub materi pada silabi  untuk perkuliahan sebelum UTS. Misal : submateri yang sesuai silabi ada 7, dan submateri pada silabi ada 10, maka tingkat kesesuaian (TKS)=7/10*100%=70%

2.       Dihitung rerata prosentase kesesuaian  untuk seluruh dosen pada prodi tersebut.

Presensi dosen mengajar, presensi kehadiran mahasiswa, silabi, dan realisasi materi mengajar.

BO-AKM-PDK-05

BO-AKM-PDK-06

P.19

Rerata dosen kehadiran mengajar penuh (sesuai standar kurikukum)

70%

 

1.       Memeriksa presensi kehadiran dosen

2.       Menghitung prosesentase kehadiran dosen.

1.       Prosentase mengajar dihitung dengan cara membandingkan kehadiran mengajar per dosen per kelas dengan jumlah kehadiran standar kurikulum

2.       Rerata Prosentase Kehadiran mengajar ditentukan dnegan menghitung rerata prosesntase yang mengejar dalam prodi yang bersangkutan.

 

 Presensi dosen dan rekap kehadiran mengajar

BO-AKM-PDK-03

BO-AKM-PDK-04

 

Monitoringàproses  : Kinerja mahasiswa(tentative)

 

KODE

URAIAN

Based-line standar (lama)

Based-line Standard (BARU)

Prosedur

Keterangan

 

Dokumen yang diperiksa

Kode Borang

P.23

Prosentase kehadiran mahasiswa di kelas >=70% (10 kali atau lebih dengan maks 14 kali)

80%

 

1.       Memeriksa presensi mahasiswa

2.       Menghitung prosentasi kehadiran dengan kehadiran dosen per mahasiswa per kelas

3.       Menghitung rata-rata kehadiran per kelas dan diakumulasikan dalam 1 prodi

4.       Membuat  rekomedasi peringatan untuk yang kehadirannya <70%

1.       Setiap mahasiswa dihitung prosentase kehadirannya berdasarkan kehadiran dosen

2.       Dihitung rerata kehadiran per kelas diakumulasikan dalam 1 prodi

Presensi kehadiran mahasiswa

BO-AKM-PDK-07

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.2.2              MANUAL EVALUASI

 

EVALUASIàOUTCOME  :

 

KODE

URAIAN

Based-line standar (lama)

Based-line Standard (BARU)

Prosedur

Keterangan

Dokumen yang di periksa

Kode Borang

C.1

Masa Tunggu

 

8 bln

 

[1]  Siapkan dokumen berupa Hasil pelacakan alumni

[2]  Hitung waktu antara tanggal yudidisum dengan tanggal pertama kali memperoleh pekerjaan

[3]  Hitung rerata per prodi

[4]  Hitung rerata semau prodi

 

Hasil pelacakan alumni

 

C.2

Gajil Awal

null

 

[1]  Siapkan dokumen berupa Hasil pelacakan alumni

[2]  Hitung gajil awal rerata per prodi

[3]  Hitung rerata semau prodi

 

Hasil pelacakan alumni

 

C.3

Relevansi

70%

 

[1]  Siapkan dokumen berupa Hasil pelacakan alumni

[2]   Cek apakah bidang kerja di bidang informatika / komputer atau memanfaatkan kompetensi utama dalam kerjanya

[3]  Hitung alumni yang sesuai

[4]  Hitung presentasi per prodi

[5]  Hitung rerata semua prodi

 

Hasil pelacakan alumni

 

 

EVALUASIàOUTPUTP:UT  :

 

KODE

URAIAN

Based-line standar (lama)

Based-line Standard (BARU)

Prosedur

Keterangan

Dokumen yang di periksa

Kode Borang

O.1

Prestasi lulusan

2,9

 

[1]  Menyiapkan data mahasiswa yang lulus yudisium

[2]  Menghitung rerata IPK per program studi

[3]  Menghitung rerata IPK semua program studi

 IPK adalah indeks Prestasi Komulatif mahasiswa yang sudah dinyatakan lulus yudisium.

 

Dokumen yudisium

BO-AKM-PDK-11

O.2

Masa Studi D3

3,5

 

[1]  Menyiapkan data mahasiswa yang lulus yudisium

[2]  Menghitung rerata masa studi per program studi jenjang D3

 

 Masa studi D3 adalah waktu tempuh studi mahasiswa jenjang D3 .

Masa studi dihitung dari tanggal yudisium – tanggal masuk dalam tahun (bisa dalam desimal)

Dokumen yudisium

BO-AKM-PDK-09

O.3

Masa Studi S1

4,5

 

[1]  Menyiapkan data mahasiswa yang lulus yudisium

[2]  Menghitung rerata masa studi per program studi jenjang S1

Masa studi S1 adalah waktu tempuh studi mahasiswa jenjang S1.

Masa studi dihitung dari tanggal yudisium – tanggal masuk dalam tahun (bisa dalam desimal)

Dokumen yudisium

BO-AKM-PDK-10

O.4

TOEFL lulusan

20%

 

[1]  Mengumpulkan nilai toefl mahasiswa yang telah dinyatakan lulus yudium

[2]  Merekap dan menghitung prosentase mahasiswa yang nilai TOEFLnya 450

[1]  TOEFL yang dimaksud minimal toefl-like yang dilaksanakan oleh STMIK AKAKOM atau lembaga yang direkomendasi atau diakui sekurang-kurangnya oleh Ketua Jurusan.

 

Sertifikat TOEFL

BO-AKM-PDK-12

BO-AKM-PDK-13

BO-AKM-PDK-14

BO-AKM-PDK-15

 

O.5

Sertifikasi Dasar

24%

 

[1]  Mengumpulkan dokumen sertifikasi

[2]  Merekap cacah mahasiswa yang memiliki sertifikasi dasar

[3]  Menghitung prosentase mahasiswa yang memiliki sertifikasi dasar per angkatan

Sertifikasi dasar meliputi sertifikasi Operating System, Aplikasi perkantoran, keamanan SI dasar.

 

 

Sertifikasi diwajibkan sejak tahun angkatan 2009

O.6.

Sertifikasi Lanjut

24%

 

[1]  Mengumpulkan dokumen sertifikasi

[2]  Merekap cacah mahasiswa yang memiliki sertifikasi lanjut

[3]  Menghitung prosentase mahasiswa yang memiliki sertifikasi lanjut per angkatan

Sertifikasi lanjut yang dimaksud adalah sertifikasi yang sesuai kompetensi program studi.

 

Sertifikasi diwajibkan sejak tahun angkatan 2009

O.7

Mahasiswa Drop out

15%

 

[1]  Menyiapkan dokumen mahasiswa drop out

[2]  Menghitung jumlah mahasiswa drop out per angkatan

[3]  Menghitung prosentase mahasiswa drop out

Yang disebut mahasiswa drop out adalah :

[1]   Melebihi masa studi maksimal (2n-1) dan dinyatakan telah dianggap mengundurkan diri secara resmi.

[2]  Mahasiswa yang karena sesuatu hal mengajukan permohonan pengunduran diri dan disetujui pihak terkait atau dinyatakan mengundurkan diri.

[3]  Menghitung mahasiswa Drop out:

DO=(T-L-A)/T*100%

T : jumlah mahasiswa tahun angkatan

L : Lulus sampai (2n-1)

A : jumlah mahasiswa aktif sampai (2n-1)

 

 

BO-AKM-PDK-16

 

EVALUASIàproses  : PENGEMBANGAN SDM DOSEN

KODE

URAIAN

Based-line standar (lama)

Based-line Standard (BARU)

Prosedur

Keterangan

Dokumen yang di periksa

Kode Borang

P.1

Jenjang dosen (S3)

2%

 

[1]  Persiapan dokumen

[2]  Menghitung kondisi saat ini dosen S3

[3]  Membuat prosentase

Prosentase dosen jenjang S3 = (jumlah_ dosen_S3 / jumlah_dosen_tetap )* 100%

Ijazah

BO-AKM-PDK-17

P.2

Jenjang dosen (S2)

73%

 

[1]  Persiapan dokumen

[2]  Menghitung kondisi saat ini dosen S2

[3]  Membuat prosentase

Prosentase dosen jenjang S2 = (jumlah_ dosen_S2 / jumlah_dosen_tetap )* 100%

Ijazah

BO-AKM-PDK-17

P.3

Jabatan akademik (Lektor kepala)

8%

 

[1]  Persiapan dokumen

[2]  Menghitung kondisi saat ini dosen dengan jabatan akademik Lektor Kepala,

[1]  Membuat prosentase

Prosentase dosen dengan jabatan akademik Lektor kepala = (jumlah_dosen_lektorkepala/ jumlah_dosen_tetap )* 100%

SK jabatan akademik

BO-AKM-PDK-18

P.4

Jabatan akademik (Lektor)

37%

 

[1]  Persiapan dokumen

[2]  Menghitung kondisi saat ini dosen dengan jabatan Lektor dan dibawahnya

[3]  Membuat prosentase masing2 masih kelompok dosen

Prosentase dosen dengan jabatan akademik Lektor = (jumlah_dosen_lektor/ jumlah_dosen_tetap )* 100%

SK jabatan akademik

BO-AKM-PDK-18

P.5

Penelitian dosen (Biaya internasional)

 

 

[1]  Persiapan dokumen

[2]  Meneliti  penetitian dengan biaya internasional

[3]  Merekap  dan membuat prosentase

Prosentase penelitian dosen biaya internasional = (jumlah_penelitian_ biaya_internasional/ jumlah_dosen_tetap )* 100%

SK Penelitian, rekap laporan hasil penelitian

BO-AKM-PDK-19

P.6

Penelitian dosen (Biaya nasional)

 

 

[1]  Persiapan dokumen

[2]  Meneliti  penelitian dengan biaya nasional

[3]  Merekap  dan membuat prosentase

Prosentase penelitian dosen biaya nasional = (jumlah_penelitian_ biaya_nasional/ jumlah_dosen_tetap )* 100%

SK Penelitian, rekap laporan hasil penelitian

BO-AKM-PDK-19

P.7

Penelitian dosen (Biaya mandiri/institusi)

 

 

[1]  Persiapan dokumen

[2]  Meneliti  penelitian dengan biaya mandiri/institusi

[3]  Merekap  dan membuat prosentase

Prosentase penelitian dosen biaya mandiri/institusi = (jumlah_penelitian_ biaya_mandiri/ jumlah_dosen_tetap )* 100%

SK Penelitian, rekap laporan hasil penelitian

BO-AKM-PDK-19

P.8

Publikasi ilmiah

(level internasional

2%

 

[1]  Persiapan dokumen

[2]  Meneliti  publikasi level internasional

[3]  Merekap  dan membuat prosentase

Prosentase publikasi ilmiah level internasional = (jumlah_publikasi_ internasional/ jumlah_dosen_tetap )* 100%

Rekap publikasi ilmiah

BO-AKM-PDK-20

P.9

Publikasi ilmiah (level nasional)

10%

 

[1]  Persiapan dokumen

[2]  Meneliti  publikasi level nasional

[1]  Merekap  dan membuat prosentase

Prosentase publikasi ilmiah level nasional = (jumlah_publikasi_nasional/ jumlah_dosen_tetap )* 100%

Rekap publikasi ilmiah

BO-AKM-PDK-20

P.10

Publikasi ilmiah (level institusi )

38%

 

[1]  Persiapan dokumen

[2]  Meneliti  publikasi level institusi

[3]  Merekap  dan membuat prosentase

Prosentase publikasi ilmiah level institusi = (jumlah_publikasi_institusi/ jumlah_dosen_tetap )* 100%

Rekap publikasi ilmiah

BO-AKM-PDK-20

P.11

Rasio dosen tetap

1:43

 

[1]  Menghitung jumlah dosen tetap dibanding student body

[1]  Student body adalah mahasiswa yang terdaftar aktif pada satu semester.

SK dosen tetap ,Rekap distribusi mahasiswa aktif

BO-AKM-PDK-21

P.12

Rasio dosen sesuai kompetensi

 

 

[1]  Mengumpulkan ijazah / transkip

[2]  Memverifikasi bidang studinya

[3]  Menghitung rasio dosen yang sesuai kompetensi dibanding keseluruhan dosen tetap.

[1]  Sesuai dengan kompetensi artinya bidang studi dosen yang bersangkutan memiliki korelasi langsung dalam hal keilmuan dengan program studi tersebut.

[2]  Keilmuan yang dimaksud adalah yang mendukung kompetensi utama prodi.

Ijazah dan transkip nilai

BO-AKM-PDK-22

P.13

Dosen tidak tetap

20%

 

[1]  Menghitung jumlah dosen dan prosentase dosen tidak tetap dibanding jumlah keseluruhan dosen

[1]  Dosen tidak tetap adalah dosen yang memiliki keahlian tertentu tetapi yang bersangkutan bukan pegawai STMIK AKAKOM.

SK dosen tidak tetap

BO-AKM-PDK-21

P.14

TOEFL dosen

5%

 

[2]  Mengumpulkan nilai toefl dosen

[3]  Merekap dan menghitung prosentase dosen yang nilai TOEFL nya diatas 500

[4]  TOEFL yang dimaksud minimal toefl-like yang dilaksanakan oleh STMIK AKAKOM.

[5]   Monitor dan evaluasi dilaksanakan setiap tahun sekali diakhir tahun ajaran.

Sertifikat TOEFL

BO-AKM-PDK-23

P.15

Sertifikasi pendidik

30%

 

[1]  Mengumpulkan dokumen sertifikasi

[2]  Merekap cacah sertifikasi tiap dosen

[3]  Menghitung jumlah dosen dan prosentase dosen yang sudah bersertifikasi pendidik

[1]  Sertifikasi pendidik adalah sertifikasi yang dikeluarkan oleh DIKTI (sertifikasi dosen) atau sertifikasi dari PEKERTI atau akta IV.

Sertifikat Dosen, Sertifikat pekerti

BO-AKM-PDK-24

P.16

Sertifikasi kompetensi/profesi

25%

 

[1]  Mengumpulkan dokumen sertifikasi

[2]  Merekap cacah sertifikasi tiap dosen

[3]  Menghitung jumlah dosen dan prosentase dosen yang sudah bersertifikasi kompetensi/profesi

[1]  Sertifikasi kompetensi/profesi adalah sertifikasi yang dikeluarkan oleh lembaga atau organisasi yang dipandang relevan dan kredibel di dalam penyelenggaraan uji kompetensi/profesi.

[2]  Sertifikasi yang dimaksud adalah sertifikasi yang benar-benar mendukung kompetensi prodi (bukan kompetensi dasar misal : DAT).

Sertifikasi keahlian, misal : CISCO, Microtik, ORACLE, JENI, dan lain-lain.

BO-AKM-PDK-24

 

EVALUASIà proses  : Kinerja dosen

KODE

URAIAN

Based-line standar (lama)

Based-line Standard (BARU)

Prosedur

Keterangan

Dokumen yang diperiksa

Kode Borang

P.17

Performa dosen dalam PBM

65%

 

[1]  Mengumpulkan borang kuisioner kinerja dosen yang diedarkan ke mahasiswa

[2]  Menghitung rata-rata nilai per lembar kuisioner

[3]  Mengelompokkan kuisioner per dosen per kelas

[4]  Menghitung rata-rata nilai per dosen per kelas (disetarakan dengan IPAD komponen A)

[5]  Menghitung rata-rata IPAD per dosen, per prodi, dan institusi

[1]  Yang dimaksud performa dosen dalam PBM adalah performa dosen di dalam kelas yang terkait langsung dengan proses pembelajaran, sehingga nilai dosen diambil dari persepsi mahasiswa berdasarkan kuisioner.

[1]  Kuisioner mahasiswa

 

BO-AKM-06

BO-AKM-PDK-25

P.18

 Prosentase dosen mengajar sesuai dengan silabi/SAP

60% 

 

[1]  Mengumpulkan dokumen :Buku presensi dosen dan  mahasiswa semster yang sedang berjalan

[2]  Mencocokkan silabi pertemuan 1 sd  14  dengan isian realisasi mengajar

[3]  Menghitung kesesuaian materi (antara silabi dengan realisasi mengajar)

[1]  Tingkat kesesuaian (0-100%) dihitung dengan cara : membandingkan akumulasi sub-materi pada  realisasi perkuliahan dengan sub materi pada silabi  untuk perkuliahan sampai pertemuan terakhir (sebelum UAS). Misal : submateri yang sesuai silabi ada 10, dan submateri pada silabi ada 14, maka tingkat kesesuaian (TKS)=10/14*100%=71,42%

[2]  Dihitung rerata prosentase kesesuaian  untuk seluruh dosen pada prodi tersebut.

[1]  Presensi dosen mengajar

[2]  Presensi kehadiran mahasiswa

[3]  Silabi

[4]  Realisasi materi mengajar.

BO-AKM-PDK-05

BO-AKM-PDK-06

P.19

Rerata dosen kehadiran mengajar penuh (sesuai standar kurikukum)

70%

 

[1]    Memeriksa presensi kehadiran dosen

[2]    Menghitung prosesentase kehadiran dosen.

[1]         Prosentase mengajar dihitung dengan cara membandingkan kehadiran mengajar per dosen per kelas dengan jumlah kehadiran standar kurikulum

[2]  Rerata Prosentase Kehadiran mengajar ditentukan dengan menghitung rerata prosentase yang mengajar dalam prodi yang bersangkutan.

 

 Presensi dosen dan rekap kehadiran

BO-AKM-PDK-03

BO-AKM-PDK-04

P.20

Metode pembelajaran solution-based learning

 

 

[1]  Persiapan dokumen berupa presensi mengajar dosen

[2]  Mengamati  realisasi mengajar  yang mencatumkan materi “ studi kasus”

[3]  Mempredisi bobot studi kasus dalam mata kuliah tersebut per kelas.

[4]  Menghitung presentasi keseluruhan

 

 

 

P.21

Prasarana kuliah

20%

 

[1]  Persiapan dokumen inventaris prasarana kuliah

[2]  Menghitung ruangan yang sudah memiliki fasilitas lengkap

[3]  Menghitung prosentase

[1]  Dianggap memiliki fasilitas lengkap apabila memiliki fasilitas tambahan misalnya : LCD, internet akses

[2]  Prosentase ruangan yang memiliki fasilitas lengkap = (jumlah_ruang_ fasilitaslengkap / jumlah_ruang)*100%

Inventaris prasarana kuliah

BO-AKM-SPR-26

BO-AKM-SPR-27

P.22

Sarana kuliah

20%

 

[1]  Menyiapkan Sistem informasi akademik (SIA)

[2]  Mencermati mata kuliah yang memanfaatkan SIA

[3]  Menghitung jumlah kelas yang menggunakan SIA

[4]  Menghitung Prosentase

Prosentase kelas yang menggunakan SIA = (jumlah_kelas_SIA /jumlah_total_kelas)*100%

SIA

 

EVALUASIàproses  : Kinerja mahasiswa

KODE

URAIAN

Based-line standar (lama)

Based-line Standard (BARU)

Prosedur

Keterangan

 

Dokumen yang diperiksa

Kode Borang

P.23

Prestasi Akademik mahasiswa aktif

2,5

 

[1]  Persiapan Sistem Informasi Akademik (SIA)

[2]  Menghitung IP rerata per prodi untuk mahasiswa aktif KRS

[3]  Menghitung IP rerata kelima prodi

-

SIA

BO-AKM-PDK-08

P.24

Prosentase kehadiran mahasiswa di kelas >=70% (10 kali atau lebih dengan maks 14 kali)

80%

 

[1]  Memeriksa presensi mahasiswa

[2]  Menghitung prosentase kehadiran dengan kehadiran dosen per mahasiswa per kelas

[3]  Menghitung rata-rata kehadiran per kelas dan diakumulasikan dalam 1 prodi

[4]  Membuat  rekomedasi peringatan untuk yang kehadirannya <70%

[1]  Setiap mahasiswa dihitung prosentase kehadirannya berdasarkan kehadiran dosen

[2]  Dihitung rerata kehadiran per kelas diakumulasikan dalam 1 prodi

[1]  Presensi kehadiran mahasiswa

BO-AKM-PDK-07

P.25

Layanan akademik Bidang pendidikan (Ketersediaan SOP)

80%

 

[1]  Mengumpulkan SOP bidang pendidikan

[2]  Menginventarisir daftar pekerjaan bidang pendidikan

[3]  Menghitung prosentase data pekerjaan yang sudah memiliki SOP

 

Ketersedian SOP Bidang pendidikan dihitung dari (cacah SOP / cacah layanan *100%)

 

BO-AKM-PDK-28

P.26

Layanan akademik Bidang pendidikan (Ketersediaan Instruksi kerja)

10%

 

[1]  Mengumpulkan Instruksi kerja bidang pendidikan

[2]  Menginventarisir daftar pekerjaan bidang pendidikan

[3]  Menghitung prosentase data pekerjaan yang sudah memiliki Instruksi kerja

 

Ketersedian SOP Bidang pendidikan dihitung dari (cacah Instruksi Kerja / cacah layanan *100%)

 

BO-AKM-PDK-29

P.27

Layanan akademik Bidang pendidikan (Ketersediaan Standar Mutu Layanan)

5%

 

[1]  Menginventarisir standar mutu layanan yang sudah ada

[2]  Menghitung prosentase data pekerjaan yang sudah memiliki Standar mutu layanan

[3]  Menghitung prosentase

 

Standar Mutu Layanan yang dimaksud adalah bisa berupa batasan waktu, volume, cacah, frekuensi.

 

BO-AKM-PDK-30