SPESIFIKASI
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
STMIK AKAKOM YOGYAKARTA
1. Perguruan Tinggi : STMIK AKAKOM YOGYAKARTA
2. Pelaksana Proses Pembelajaran : Jurusan Sistem Informasi
3. Program diakreditasi oleh : BAN-PT 2006 dengan Nilai B
4. Gelar Lulusan : Sarjana Komputer (S.Kom.)
5. Nama Program Studi : Sistem Informasi
6. Tanggal Penyusunan : 25 Agustus 2010
7. Visi :
Jurusan Sistem Informasi menjadi jurusan yang unggul dalam rekayasa sistem informasi berbasis komputer dalam lingkup enterprise
8. Misi :
a. Menyiapkan mahasiswa agar mandiri serta mampu menjadi professional dalam hal menganalisa masalah, merancang, serta, mengimplementasikan suatu rancangan sistem informasi
b. Menyiapkan mahasiswa agar mempunyai kemampuan akademik untuk mengembangkan bidang ilmu / teknologi sesuai dengan Tri Darma Perguruan Tinggi
c. Menyiapkan mahasiswa agar mempunyai kemampuan wawasan dan penguasaan dasar-dasar pengetahuan dan teknologi dalam program studi Sistem Informasi
d. Menyiapkan mahasiswa agar memiliki sikap dan etika yang tinggi dalam profesinya berdasarkan keTuhanan yang Maha Esa dan cinta tanah air
9. Tujuan Pendidikan
Menghasilkan lulusan yang siap bekerja / produktif khususnya pada bidang rekayasa sistem informasi berbasis komputer.
10. Kompentensi Umum :
Menghasilkan lulusan yang
[1]
Mampu
mengimplementasikan TI secara kreatif dan inovatif di masyarakat
[2]
Mampu mengembangkan
diri untuk peningkatan wawasan dan keahlian
[3]
Mampu beradaptasi
dan bekerjasama dalam team work
[4]
Mampu berkomunikasi aktif dalam bahasa internasional
[5]
Mampu menjunjung
tinggi etika dan profesionalisme
11. Kompetensi Khusus :
Menghasilkan lulusan yang mampu menganalisis, membangun dan mengembangkan SI proses bisnis untuk operasional dan manajerial
12. Gradasi Kompetensi :
a.
Kompetensi tahun 1
”Menguasai dasar pemograman
& logikanya, menguasai dasar sistem informasi”
b.
Kompetensi tahun 2
”Mampu membangun program sederhana, mengkoneksikan dengan
database”
c.
Kompetensi
tahun 3
“Mampu
membangun sistem informasi”
d.
Kompetensi
tahun 4
”Mampu mengaplikasikan sistem informasi di dunia nyata”
13. Kurikulum : Lampiran
14. Peta Kurikulum : Lampiran
15. Dukungan Mahasiswa dalam Proses Pembelajaran:
·
Bimbingan
perencanaan studi kepada mahasiswa baru dalam kegiatan PESONA
·
Bimbingan
akademik pengisian KRS dilakukan di awal semester
·
Bimbingan
praktikum dilakukan pada saat mahasiswa melakukan praktikum di laboratorium.
Bimbingan ini dilakukan oleh dosen pengampu dibantu asisten.
·
Bimbingan
penyelesaian skripsi dilakukan pada saat mahasiswa mengambil skripsi. Dilakukan
secara mandiri oleh dosen pembimbing skripsi.
·
Tersedianya
perpustakaan dan Ruang referensi yang selalu diupdate untuk mendapatkan
informasi terbaru.
·
Tersedianya
laboratorium terpadu yang mampu mendukung semua kegiatan praktikum
·
Tersedianya
sistem informasi yang mendukung proses perkuliahan sehingga perkuliahan dapat
berjalan dengan lancar
16. Kriteria Pendaftaran :
· Lulusan SMU/SMK/MA dan lulus seleksi Ujian Masuk atau memenuhi prestasi yang disyaratkan.
17. Kriteria Kelulusan :
a. Telah lulus matakuliah yang diwajibkan sesuai kurikulum dan telah mencapai minimal 144 SKS. Matakuliah wajib sebanyak 100 SKS (termasuk tugas akhir dalam bentuk skripsi atau kerja praktek, Proyek rekayasa perangkat lunak dan workshop), matakuliah pilihan minimal 44 SKS, sertifikasi DAT (paket Aplikasi) dan ORACLE (database) serta lulusan Toefl 400.
-
Matakuliah
Wajib
Matakuliah wajib merupakan matakuliah yang wajib
diambil mahasiswa. Matakuliah wajib terdiri atas matakuliah wajib institusi
atau wajib STMIK (kode AK) dan wajib program studi (kode TI).
-
Mata
Kuliah Pilihan
Pada dasarnya mahasiswa bebas memilih mata kuliah
pilihan yang tersedia (lihat tabel mata kuliah pilihan). Namun demikian, agar
mahasiswa memiliki suatu kesatuan kemampuan yang memadai, maka dalam memilih
mata kuliah ini mahasiswa berkonsultasi dan memperhatikan saran-saran dosen
pembimbing akademik. Jika mahasiswa ingin mengambil mata kuliah di luar tabel
mata kuliah pilihan maka yang bersangkutan harus memberi tahu dan berkonsultasi
dengan dosen pembimbing akademik. Karena
suatu alasan, mata kuliah pilihan dapat berubah distribusi semesternya dari
semester ganjil ke semester genap atau sebaliknya.
b. Tidak ada nilai E
c. Nilai D pada transkrip nilai <= 20 %
dari seluruh jumlah SKS yang telah diselesaikam
d. Nilai C minimal untuk matakuliah Wajib (W)
dan praktikum
e. Telah menyelesaikan Skripsi
18. Evaluasi Penilaian :
·
Metode
evaluasi meliputi penilaian terhadap pekerjaan rumah, kuis, tugas-tugas,
praktikum beserta responsi, ujian tengah semester, dan ujian akhir semester.
·
Indeks
Prestasi dihitung berdasarkan pembobotan nilai A = 4, B = 3, C = 2, D = 1 dan E
= 0
1. Presensi : 0 – 10%
2. Tugas-tugas, Kuis : 0 – 20%
3. Ujian Tengah Semester (UTS) : 30%-40%
4. Ujian Akhir Semester (UAS) : 40%-60%
19. Indikator Kualitas dan Standar
Program Studi Sistem
Informasi Terakreditasi B oleh BAN Tahun 2002
Program Studi Sistem
Informasi Terakreditasi B oleh BAN Tahun 2006
Adanya :
-
Test
toefl untuk syarat kelulusan (Minimal score 400)
-
Sertifikasi
DAT
-
Sertifikasi
Oracle
-
ELSA
(Materi kuliah di Internet)
-
Pembelajaran
yang iteratif
Yogyakarta, 17 Maret 2011
Program Studi Sistem Informasi
Jurusan Sistem Informasi STMIK AKAKOM YOGYAKARTA
Ketua Jurusan
Erna Hudianti Pujiarini, S.Si., M.Si.
LAMPIRAN A
Kompetensi
Lulusan Program Studi Sistem Informasi
1. Kompetensi
Umum
Menghasilkan lulusan yang
a.
Mampu
mengimplementasikan TI secara kreatif dan inovatif di masyarakat
b.
Mampu mengembangkan
diri untuk peningkatan wawasan dan keahlian
c.
Mampu beradaptasi
dan bekerjasama dalam team work
d.
Mampu berkomunikasi aktif dalam bahasa
internasional
e.
Mampu menjunjung
tinggi etika dan profesionalisme
2. Kompetensi Khusus :
a. Menghasilkan lulusan yang mampu menganalisis, membangun dan mengembangkan SI proses bisnis untuk operasional
b. Menghasilkan lulusan yang mampu menganalisis, membangun dan mengembangkan SI proses bisnis untuk manajerial