[Type the compa
ny name]
2011
PANDUAN
MONITORING
Bidang Pendikan
[Type
the company address]
PANDUAN MONITORING
Bidang Pendidikan
Monitoring adalah proses verifikasi antara pelaksanaan dengan
standar yang ditentukan dan dilakukan saat proses sedang berjalan.
Monitoring ini dilakukan
agar pelaksanaan suatu proses dapat dikendalikan sedini mungkin untuk
memimalisir gap antara pelaksanaan dan standar yang ditentukan
Standar yang dimaksud dipaparkan adalah sasaran mutu yang terdapat pada Manual Mutu STMIK AKAKOM.
Sasaran mutu yang tercantum dalam dokumen tersebut adalah bersifat
institusi yang merupakan akumulasi untuk semua program studi.
Oleh karena itu setiap prodi dapat mengembangkan standar pada
saran mutunya sesuai dengan kinerja prodinya. Hal ini dikarenakan kinerja tiap prodi berbeda, sehingga hasil
kajian standar di semua prodi akan diakumulasikan menjadi sasaran mutu institusi.
1.
Agar dapat diketahui
sejauh mana suatu proses memiliki keteguhan dalam menerapkan standar yang telah
ditentukan
2.
Agar proses dapat
dikendalikan sehingga penyimpangan terhadap standar dapat diminimalisir sedini
mungkin
Ditengah-tengah
semeter yang sedang berjalan
Tim
Jaminan Mutu Prodi (TJMP)
Monitoring ini dilakukan oleh tim yang ditunjuk khusus oleh
Kaprodi. Monitoring dilakukan dalam forum khusus untuk itu dan dilakukan dengan
mencermati dokumen pelaksanaan SPMI berupa rekam jejak pelaksanaan PBM.
Hasil pengamatan tersebut di sesuaikan dengan standar yang telah
ditentukan dan ditungkan dalam formulir monitoring.
Ket :
|
Dimonitor pada latihan monitoring |
Kode |
Bagian |
Uraian |
Th ke- 0 |
|
Th ke- 1 |
|
… |
|
Th ke- 5 |
|
Keterangan |
Pen.jawab |
Acuan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
C |
OUTCOME |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1 |
Masa Tunggu |
Rerata masa tunggu `mendapat pekerjaan pertama |
8 bln |
|
7.5 bln |
|
... |
|
6 bulan |
|
|
Puket 3 |
BAN-PT 2009 |
|
2 |
Gajil Awal |
Rerata gaji awal |
kondisional |
|
80% |
|
... |
|
Setara PNS |
|
|
Puket 3 |
Internal policy |
|
3 |
Relevansi |
Kesesuaian bidang kerja dengan kompetensi utama/khusus |
70% |
|
75% |
|
... |
|
90% |
|
|
Puket 3 |
Internal policy/BAN PT |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
O |
OUTPUT |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1 |
Prestasi lulusan |
Rerata IPK lulusan |
2,9 |
|
2,95 |
|
... |
|
3,25 |
|
|
ADAK |
BAN-PT 2009 |
|
2 |
Masa Studi |
Rerata masa studi Diploma 3 |
3,5 |
|
3,4 |
|
... |
|
3 tahun |
|
|
ADAK |
BAN-PT 2009 |
|
3 |
|
Rerata masa studi Strata 1 |
4,5 |
|
4,4 |
|
... |
|
4 tahun |
|
|
ADAK |
BAN-PT 2009 |
|
4 |
TOEFL lulusan |
Prosesntase Nilai TOEFL >=450
atau TOEIC >=600 |
20% |
|
30% |
|
... |
|
70% |
|
|
Puket 1 |
Internal policy |
|
5 |
Sertifikasi |
Dasar : Operating System, Aplikasi perkantoran , keamanan SI dasar |
24% |
|
50% |
|
... |
|
100% |
|
wajib bagi angkt 2009 dst OS dan
keamanan merupakan local wisdom |
Puket 1 |
Internal policy |
|
6 |
|
Extended: Sesuai kompetensi prodi |
24% |
|
50% |
|
... |
|
100% |
|
wajib bagi angkt 2009 dst |
Puket 1 |
BAN-PT 2009 |
|
7 |
Mahasiswa Drop out |
Prosentase mahasiswa yang DO |
15% |
|
13% |
|
... |
|
6% |
|
Dihitung per angkatan selama 2n-1 |
Puket 1 |
BAN-PT 2009 |
|
8 |
Softskill |
Prosentasi yang memperoleh poin D3 >= 60 poin atau S1>=80 poin Dengan komponen terdiri atas : organisasi,
kerjasama, wawasan/skill, enterprenur (opsi) |
|
|
|
|
|
|
|
|
Sedang dalam proses. Bisa dikasukkan ke Standar Akademik |
|
Sebagai poin tambahan dan belum direlisasikan pada siklus I |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
P |
PROSES |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pengembangan
SDM DOSEN |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1 |
Jenjang Dosen |
Prosentase dosen jenjang S3 |
2% |
|
2% |
|
... |
|
10% |
|
|
Puket 1 |
BAN-PT 2009 |
|
2 |
|
Prosentase Jenjang S2 |
73% |
|
80% |
|
... |
|
100% |
|
|
Puket 1 |
BAN-PT 2009 |
|
3 |
Jabatan akademik |
Prosentase dosen dengan jabatan akademik Lektor Kepala |
8% |
|
15% |
|
... |
|
40% |
|
|
Puket 1 |
BAN-PT 2009 |
|
4 |
|
Prosentase dosen dengan jabatan akademik Lektor |
37% |
|
50% |
|
... |
|
70% |
|
|
Puket 1 |
internal policy |
|
5 |
Penelitian dosen |
Penelitian dengan biaya Internasional perjumlah dosen per tahun |
|
|
|
|
|
|
15% |
|
|
Puket 1 |
BANPT |
|
6 |
|
Penelitian dengan biaya Nasional perjumlah dosen per tahun |
|
|
|
|
|
|
30% |
|
|
|
BANPT |
|
7 |
|
Penelitian dengan biaya mandiri/institusi perjumlah dosen per tahun |
|
|
|
|
|
|
67% |
|
Dihitung prosentase per semua dosen |
|
BANPT |
|
8 |
Publikasi ilmiah |
Publikasi level internasional perjumlah dosen per tahun |
2% |
|
|
|
|
|
50% |
|
Dihitung prosentase per semua dosen |
|
BANPT |
|
9 |
|
Publikasi level nasional perjumlah dosen per tahun |
10% |
|
|
|
|
|
100% |
|
Dihitung prosentase per semua dosen |
|
BANPT |
|
10 |
|
Publikasi level institusi perjumlah dosen per tahun |
38% |
|
|
|
|
|
200% |
|
Dihitung prosentase per semua dosen |
|
BANPT |
|
11 |
Rasio Dosen Tetap |
Rasio dosen tetap : mahasiswa aktif |
1:43 |
|
|
|
|
|
1:30 |
|
|
|
Kopertis V |
|
12 |
Rasio dosen sesuai kompetensi |
Prosentase dosen yang mendukung langsung Kompetensi utama |
|
|
|
|
|
|
90% |
|
|
Puket 1 |
BAN/Int polecy |
|
13 |
Dosen tidak tetap |
Prosentase dosen tidak tetap |
20% |
|
18% |
|
... |
|
10% |
|
|
Puket 1 |
BAN-PT 2009 |
|
14 |
TOEFL Dosen |
Prosentase TOEFL>= 500 |
5% |
|
10% |
|
... |
|
30% |
|
|
Puket 1 |
|
|
15 |
Sertifikasi |
Prosentase dosen yang memiliki sertifikasi pendidik (serdos,akta IV,pekerti) |
30% |
|
40% |
|
... |
|
70% |
|
|
Puket 1 |
|
|
16 |
|
Sertifikasi kompetensi/ profesi |
25% |
|
35% |
|
... |
|
70% |
|
Sertitifikasi sesuai dengan kompetensi prodi (dliuar DAT) |
Puket 1 |
|
|
Kinerja
Dosen dalam PBM |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17 |
Performa dosen dalam PBM |
Prosentase dosen dengan IPAD >=3.00 |
65% |
|
68% |
|
... |
|
80% |
|
|
Puket 1 |
Internal policy |
|
18 |
Kesesuaian Materi pembelajaran |
Prosestase dosen mengajar sesuai dengan silabi/SAP |
60% |
|
70% |
|
|
|
95% |
|
|
|
|
|
19 |
Kehadiran mengajar |
Rerata dosen kehadiran mengajar penuh (sesuai standar kurikukum) |
70% |
|
74% |
|
... |
|
90% |
|
|
Puket 1 |
BAN-PT 2009 |
|
20 |
Metode pembelajaran Solution- Based Learning |
Kelas yang melaksanakan Solution- Based Learning |
|
|
|
|
|
|
50% |
|
|
|
|
|
Sarana Prasarana |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21 |
Prasarana Kuliah |
Prosentase sarana pembelajaran interaktif |
20% |
30% |
|
... |
|
50% |
|
Untuk sarana ruang built ini LCD, piranti koneksi network, dan sarana meja beserta kontak 220 V |
|
Puket 2 |
Internal policy |
|
22 |
Sarana Kuliah |
Prosentase matakuliah yang menggunakan e-learning
system STMIK AKAKOM (eLSA) |
20% |
75% |
|
... |
|
100% |
|
|
|
Puket 1 |
BAN-PT 2009 /internal policy |
|
Prestasi
akademik mahasiswa |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23 |
Prestasi Akademik mahasiswa aktif |
Index Prestasi Komulatif Rerata |
2,5 |
|
2,6 |
|
... |
|
2,75 |
|
|
ADAK |
Internal policy |
|
24 |
Kehadiran mahasiswa di kelas |
Prosentase kehadiran mahasiswa di kelas >=70% (10 kali atau lebih dengan maks 14 kali) |
80% |
|
83% |
|
... |
|
95% |
|
saat ini yang belaku kehadiran minimal 70% (min 10 kali) |
ADAK |
Internal policy |
|
Kinerja Bidang pendukung |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25 |
Layanan Akademik Bidang Pendidikan |
Ketersediaan SOP |
80% |
|
100% |
|
|
|
|
|
|
ADAK |
Internal policy |
|
|
|
Ketersediaan Instruksi kerja |
10% |
|
100% |
|
|
|
|
|
|
ADAK |
Internal policy |
|
|
|
Ketersediaan Standar Mutu Layanan |
5% |
|
100% |
|
|
|
|
|
|
ADAK |
Internal policy |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
I |
INPUT |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1 |
Seleksi calon mahasiswa |
Prosentase calon yang diterima (dari peserta tes) |
95% |
|
90% |
|
... |
|
70% |
|
|
Panitia PMB |
Internal policy |
|
2 |
|
Prosentase mahasiswa yang ikut seleksi (dari keseluruhan peserta pendaftar) |
68% |
|
70% |
|
... |
|
90% |
|
|
Panitia PMB |
Internal policy |
|
3 |
|
Prosentase mahasiswa diterima yang rergistrasi (dari peserta tes yang diterima) |
72% |
|
75% |
|
... |
|
90% |
|
|
Panitia PMB |
Internal policy |
|
INSTITUSI
PRODI : …………………………………………….
Catatan
:
1.
Untuk latihan monitoring
target Pokok : Proses (tentativ
karena sebagian Proses dicermati saat evalasi) , untuk output, outcome,input di
evaluasi di akhir semester
2.
Based-line (BARU)
ditentukan ulang sesuai hasil latihan
monitoring
KODE |
URAIAN |
Based-line standar (lama) |
Based-line Standard (BARU) |
Prosedur |
Keterangan |
Dokumen yang di periksa |
Kode Borang |
P.18 |
Prosestase dosen mengajar sesuai dengan silabi/SAP |
60% |
|
1. Mengumpulkan dokumen :Buku presensi dosen dan mahasiswa semster yang sedang berjalan 2.
Mencocokkan silabi pertemuan
1 sd 7
dengan isian realisasi mengajar 3.
Menghitung kesesuaian materi
(antara silabi dengan realisasi mengajar) |
1. Tingkat kesesuaian (0-100%) dihitung dengan cara : membandingkan akumulasi sub-materi pada realisasi perkuliahan dengan sub materi pada silabi untuk perkuliahan sebelum UTS. Misal : submateri yang sesuai silabi ada 7, dan submateri pada silabi ada 10, maka tingkat kesesuaian (TKS)=7/10*100%=70% 2.
Dihitung rerata prosentase
kesesuaian untuk seluruh dosen pada
prodi tersebut. |
Presensi dosen mengajar, presensi kehadiran mahasiswa, silabi, dan realisasi materi mengajar. |
|
P.19 |
Rerata dosen kehadiran mengajar penuh (sesuai standar kurikukum) |
70% |
|
1. Memeriksa presensi kehadiran dosen 2.
Menghitung prosesentase
kehadiran dosen. |
1. Prosentase mengajar dihitung dengan cara membandingkan kehadiran mengajar per dosen per kelas dengan jumlah kehadiran standar kurikulum 2.
Rerata Prosentase Kehadiran mengajar ditentukan dnegan menghitung
rerata prosesntase yang mengejar dalam prodi yang bersangkutan. |
|
|
KODE |
URAIAN |
Based-line standar (lama) |
Based-line Standard (BARU) |
Prosedur |
Keterangan |
Dokumen yang diperiksa |
Kode Borang |
P.23 |
Prosentase kehadiran mahasiswa di kelas >=70% (10 kali atau lebih dengan maks 14 kali) |
80% |
|
1. Memeriksa presensi mahasiswa 2.
Menghitung prosentasi
kehadiran dengan kehadiran dosen per mahasiswa per kelas 3.
Menghitung rata-rata
kehadiran per kelas dan diakumulasikan dalam 1 prodi 4.
Membuat rekomedasi peringatan untuk yang
kehadirannya <70% |
1. Setiap mahasiswa dihitung prosentase kehadirannya berdasarkan kehadiran dosen 2.
Dihitung rerata kehadiran
per kelas diakumulasikan dalam 1 prodi |
Presensi kehadiran mahasiswa |
|